Sabtu, 27 November 2010

LOGIKA PROGRAM ARRAY

LISTING PROGRAM ARRAY :
import java.io.*;
public class blood{
            public static void main (String [] args) throws IOException{
                        String [] k = new String [5];
                        k[0] = "first blood";
                        k[1] = "double kill";
                        k[2] = "killing spree";
                        k[3] = "dominating";
                        k[4] = "mega kill";
BufferedReader kill= new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
                        System.out.println("masukan banyak membunuh=");
                        int i = Integer.parseInt(kill.readLine());
                        System.out.println("sudah membunuh :"+i+"hero");
                        System.out.println(k[i-1]);
}
}

LOGIKA PROGRAM ARRAY :

1.    Import java.io.*
digunakan untuk melakukan penginputan data. Artinya program ini akan menggunakan java.io package mengandung kelas-kelas yang memungkinkan program untuk  menginput data. Dalam hali ini dengan menggunakan fungsi InputStreamReader dan Buffered Reader. Atau dapat juga diartikan perintah ini digunakan memasukan data ke dalam program melalui data yang kita masukan dari luar(memasukan dengan alat input yaitu keyboard bukan berasal dari data yang kita buat dalam program itu sendiri.

2.    public class blood
menampilkan dan menunjukan class baru dengan nama blood. Class ini menerapkan akses public agar dapat dipanggil oleh class lainnya.

3.    Tanda {
Tanda ini digunakan sebagai permulaan atau awal dari sebuah pemograman.


4.    public static void main
method main merupakan method utama yang akan dijalankan pertama kali oleh java. Semua program Java yang akan dijalankan harus berada pada method main tersebut. Sedangkan void mengandung arti bahwa method ini tidak mengembalikan nilai apapun. Method static mengandung arti bahwa method ini dapat berjalan tanpa harus ada obyek.

5.    {}
tanda kurung kurawal buka  "{"  berfungsi sebagai menegaskan awal dari isi (body) class main, tanda kurung kurawal tutup "}" berperan untuk menutup isi (body) class main.

6.     String[]args
Class String menampilkan bahwa tipe variable tersebut adalah String. Sedangkan []args menegaskan bahwa merupakan variable array, jadi args dapat diganti dengan nama variable yang lain.

7.    throws IOException
Dalam perintah ini maksudnya kita akan melemparkan method agar suatu kondisi dapat terdefinisi dengan benar.

8.    String [] k = new String [5];
Class String menampilkan bahwa tipe variable tersebut adalah String. Sedangkan [] k menegaskan bahwa merupakan variable array, jadi nama variabel dari tipe data string ini adalah k. variabel k dimana tanda String[5] disini maksudnya kita akan menstring sebanyak 5 statement.

9.    k[0] = "first blood";
k[0] menunjukkan bahwa tipe data array dengan variabel k dimulai dengan case 0. Karena tipe data array memang diawali denngan 0 bukan 1. Nilai case 0 ini diberikan nilai string first blood. Maka ketika dimasukkan nilai 1, yang akan tercetak kata first blood. Karena yang diprint adalah nilai dari array [k-1].



10.  k[1] = "double kill";
k[1] menunjukkan bahwa tipe data array dengan variabel k case 1. Nilai array case 1 ini diberikan nilai string double kill. Maka ketika dimasukkan nilai 2, yang akan tercetak kata double kill. Karena yang diprint adalah nilai dari array [k-1].

11.  k[2] = "killing spree";
k[2] menunjukkan bahwa tipe data array dengan variabel k case 2. Nilai case 2 ini diberikan nilai string killing spree. Maka ketika dimasukkan nilai 3, yang akan tercetak killing spree. Karena yang diprint adalah nilai dari array [k-1].

12.  k[3] = "dominating";
k[3] menunjukkan bahwa tipe data array dengan variabel k case 3. Nilai case 0 ini diberikan nilai string dominating. Maka ketika dimasukkan nilai 4, yang akan tercetak kata dominating. Karena yang diprint adalah nilai dari array [k-1].

13.  k[4] = "mega kill";
k[4] menunjukkan bahwa tipe data array dengan variabel k case 4. Nilai case 0 ini diberikan nilai string mega kill. Maka ketika dimasukkan nilai 5, yang akan tercetak kata mega kill. Karena yang diprint adalah nilai dari array [k-1].

14.  BufferedReader kill= new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in)); Perintah diatas digunakan untuk meminta input dari user agar dapat kita gunakan Bufferedreader seperti diatas dengan menggunakan method readline.Nilai yang dikembalikan adalah berupa String yang dimana Method readLine akan dipanggil untuk mendapatkan inputan dari user dan memberikan nilai kembalian dalam bentuk String dan masuk menjadi nilai variabel kill. InputStreamReader(System.in)); untuk menuunjukan objek input yang akan dipakai untuk memasukkan berapa banyak elemen yang kita inginkan dan fungsi dari system.in sama dengan JOptionePane. Perbedaannya hanya ketika kita memakai JOptionPane maka kita memasukan data didalam sebuah kotak dialog tetapi jika kita menggunakan system.in maka pengisiannya langsung di Command Prompt.

15.    System.out.print(“masukan banyak membunuh=”)                                                                                Perintah ini digunakan sebagai pencetak,tentu saja anda harus menstring dulu kata2nya dengan tanda “ agar nanti bisa dikeluarkan dalam outputnya. berfungsi untuk mencetak tulisan masukan banyak membunuh . Semua kata yang terdapat didalam kurung dan diapit tanda (“) akan tercetak seperti yang tertulis didalam kurung.

16.    int a=Integer.parseInt(input.readLine())
berfungsi untuk mendapatkan inputan dari user dan mendapatkan nilai kembalian yang akan disimpan sebagai nilai dari variabel “a” dan dikonversi ke tipe data integer. int a adalah banyaknya data yang telah dimasukkan akan dibaca sebagai variable a dengan tipe data integer. parseInt(input.readLine()); disini berarti bahwa data yang dimasukkan adalah data integer yang banyaknnya dan dibaca(fungsi readLine) di dalam BufferedReader yang telah diinisialisasikan dalam bentuk objek baru yaitu input.

17.    System.out.println("sudah membunuh :"+i+"hero");
berfungsi untuk mencetak tulisan sudah membunuh : lalu dicetak juga nilai dari i dan setelah itu juga tercetak kata hero . misalnya nilai adalah tiga, maka akan tercetak = sudah membunuh :3hero Semua kata yang terdapat didalam kurung dan diapit tanda (“) akan tercetak seperti yang tertulis didalam kurung.

18.  System.out.println(k[i-1]);
berfungsi untuk mencetak tulisan atau nilai yang dimasukkan kedalam k . k[i-1] berarti akan dicetak dari nilai k [i] dikurangi satu.

19.  Tanda }                                                                                                                           Tanda ini digunakan sebagai akhir dari sebuah pemograman,jika menggunakan tanda ini programpun ditutup atau dinyatakan selesai dibuat.

0 komentar:

Posting Komentar