Selasa, 30 November 2010

Hubungan masyarakat dengan TI



KATA PENGANTAR


            Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah ini yang disusun untuk memenuhi tugas terstruktur Ilmu Sosial Dasar. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang secara tidak langsung telah membantu saya dalam penyusunan makalah ini.
            Makalah ini disusun berdasarkan data-data yang diperoleh dari berbagai sumber. Tujuan penyusunan makalah ini selain untuk memenuhi tugas terstruktur mata kuliah Ilmu Sosial Dasar adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai hubungan TI dengan masyarakat serta berbagai dampak dan manfaat TI didalam masyarakat.
            Selama proses pengumpulan data hingga akhirnya sampai pada penyusunan makalah, saya menyadari masih banyak kekurangan ataupun kesalahan dalam penyusunannya. Oleh karena itu saya mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca, agar bermanfaat bagi saya, selaku penyusun.
            Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                                Bogor, Desember 2010



                                                                          Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Pendahuluan
Teknologi informasi adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Kecepatan arus informasi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerap dengan filter mental dan sikap kritis. Makin canggih dukungan teknologi tersebut, makin besar pula arus informasi dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global. Oleh karena itu selama ini dikenal asas “kebebasan arus informasi” berupa proses dua arah yang cukup berimbang yang dapat saling memberikan pengaruh satu sama lain. Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
1.2 Latar Belakang
Manusia dilahirkan di dunia tak hanya sebagai makhluk Tuhan dan makhluk individu saja, tetapi sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia harus dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dan lingkungannya.
Teknologi informasi bukan lagi menjadi barang mahal yang tak tersentuh oleh masyarakat. TI sekarang ini dapat dimanfaatkan serta dikembangkan oleh manusia sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Teknologi dijadikan media yang mempermudah manusia dalam segala hal.
Interaksi sosial pun tak jauh dari teknologi. Segala aspek yang berhubungan dengannya dapat diakses melalui TI. Banyak hal positif yang dihasilkan dari teknologi dalam kehidupan sosial dan budaya. Tetapi, banyak juga hal negatif yang ditimbulkan dari pemnfaatan TIK yang kurang bertanggung jawab.

1.2 Tujuan
beberapa tujuan pun ingin dicapai dari penyusunan makalah ini. Beberapa tujuan tersebut diantaranya adalah:
1.      Menggambarkan hubungan masyarakat dengan TI.
2.      Mengidentifikasi dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh TI dalam masyarakat.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 hubungan masyarakat dengan TI
Kehidupan manusia sekarang-sekarang tidak dapat dilepaskan dari teknologi. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia erat kaitannya dengan teknologi. Teknologi dimanfaatkan manusia untuk memudahkan manusia dalama memenuhi kebutuhan hidupnya di berbagai hal. Dengan teknologi segalanya menjadi lebih mudah dan produktif. Tak hanya itu, dengan teknologi manusia dapat mengefektifkan serta mengefisienkan waktu, tenaga serta biaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Masyarakat dan lingkungannya bergerak dinamis. Mereka dapat berubah-ubah. Mereka dapat berkembang, maju atau bahkan mengalami keterpurukan.
Dalam lingkungan sosial yang dinamis ini, setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi perubahan sosial, yaitu pelaku perubahan dan objek yang terkena dampak perubahan itu sendiri. Dalam hal ini, TI dapat berperan dalam dua posisi sekaligus, yakni sebagai pelaku pengubah dan sekaligus sebgaia sasaran dari perubahan yang ingin dicapai. Aspek teknologi menjadi pertimbangan utama sehingga aspek sosial berkomputer dan berinternet cenderung tersisihkan. Artinya, masyarakat kita belum memiliki kesiapan secara cultural untuk menghadapi serbuan nilai-nilai baru yang tadinya tidak terlalu merisaukan. tujuan utama teknologi masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari kehidupan masyarakat). Tetapi Banyak masyarakat yang kemudian tertinggal karena kurang menguasai bidang teknologi dan tidak tahu bagaimana cara pemanfaatan dari teknologi yang tersedia. kemudian

2.2  pengaruh TI terhadap masyarakat
TI memegang peranan yang besar terhadap aktivitas kehidupan manusia. Di satu sisi teknologi dianggap sebagai alat yang menawarkan kemudahan dan pada gilirannya memberikan kemakmuran, tetapi di sisi lain Banyak masalah yang timbul akibat penyalahgunaan. Berikut diantaranya dampak positif dan negatif dari penggunaan TI dalam masyarakat :
Dampak positif :
1. Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat.
Dalam masyarakat, semua orang dapat menjadi sumber informasi. Informasi menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media TI yang ada.
2. Hubungan sosial antar masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja.
Walaupun berjauhan dan berada dalam zona waktu yang berbeda, kita tetap dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi. Sekarang ini teknologi dapat menghapus batas ruang dan waktu, dan dapat menghubungkan dua orang di lain tempat.
3. Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
Pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan sewaktu-waktu tanpa dapat diduga. Masa berlakunya pun kadang bersifat tentatif. Oleh karena itu, publikasi kebijakan serta peraturan pemerintah memerlukan media TI.
4. Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.
Masyarakat dapat mengekspresikan bakat melalui media TI tanpa harus malu, dan dengan mudah dapat mengenalkan bakat yang mereka punya tanpa bersusah paya. Mereka berani tampil secara terbuka, baik kepada orang yang dikenalnya bahkan yang tidak kenal sama sekali. Mereka mengekspos pribadinya dengan memberikan informasi-informasi yang sedang terjadi, baik itu penting atau tidak
Dampak negatif :
1. Timbulnya jenis kejahatan baru.
Kejahatan yang timbul akibat kecanggihan TI pada saat sekarang antara lain penipuan, pencurian nomor kartu kredit, pornografi, pengiriman email sampah (spam), pengiriman virus, penyadapan saluran telepon, memata-matai aktivitas seseorang (spyware), dan mengacaukan trafik jaringan.
2. Maraknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya dan remaja pada khususnya.
Kurangnya filterisasi akan informasi serta budaya yang diterima dari TI. tak hanya pada kalangan remaja atau pelajar saja yang memang masih labil, tetapi juga pada masyarakat “dewasa”.
3. Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar.
Kemudahan akses informasi semakin melemahkan rasa percaya pada orang-orang sekitar. Banyak orang justru lebih banyak memilih untuk bertanya dan mencari di internet untuk menyelasaikan permasalahan atau kebutuhan dibandingkan dengan pengetahuan dirinya sendiri dan sarana lain yang juga dapat dipercaya.
4. Kurangnya ruang privasi.
Hadirnya situs-situs jejaring sosial, Layanan ini memberikan penggunanya kebebasan untuk membuka diri dan melihat-lihat info serta privasi orang lain. Kini orang orang lebih memilih membuka privasi mereka demi sebuah kepopuleran dalam pergaulan.Privasi bukan lagi menjadi barang mahal.
5. Masuknya budaya asing yang kurang baik dan tidak difilter.
Budaya asing kian memludak masuk dan tak dapat terhalangi, baik penampilan maupun gaya hidup, yang masuk ke kelompok-kelompok masyarakat. Tidak hanya budaya baik yang ada, tetapi budaya yang kurang baik pun dapat masuk dan justru masyarakat kurang dapat memfilter budaya-budaya yang masuk, banyak dikalangan masyarakat yang justru kurang baik dan menggerus budaya kita sendiri.
6. masyarakat lebih nyaman mengumpulkan teman-teman didunia maya daripada aktif pada kegiatan-kegiatan organisasi riil yang dapat memberikan kualitas hubungan pertemanan yang lebih kongkrit dan intents.

2.3 Manfaat TI dalam masyarakat

Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal.


Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan dan lain-lain. Sebagai satu contoh, misalnya penerapan teknologi dalam bidang pendidikan:
Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Internet kini sangat memberikan kemudahan bagi para pelajar untuk mencari dan mendapatkan bahan materi yang diperlukan, juga internet kini banyak membantu dalam hal sarana pembelajaran. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Atau juga ada yang disebut V-class, yaitu pembelajaran melalui virtual class yang dapat memudahkan pendidik dan pelajar jika keterbatasan waktu atau bermasalah dengan hal lain yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.

BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Demikian makalah ini saya susun, mohon maaf apabila ada salah kata dan penulisan.dan demikian pula yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan - kesempatan berikutnya.


KESIMPULAN
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi TI meahirkan banyak sisi, kesemapat, persepsi serta dampak yang bekesinambungan bagi kehidupan masyarakat luas. Di satu sisi, perkembangan TI tersebut dapat membantu serta memudahkan manusia dalam segala aktivitas kehidupannya. Tetepi di sisi lain, perkembangan TIK dapat menjadi boomerang bagi penggunanya yang tidak mampu membendung arus informasi yang deras dan tidak mampu memfilter informasi yang baik dan benar serta yang salah.
TIK memberikan dampak yang tak sedikit di masyarakat. Baik itu dampak positif maupun negatif. Hubungan masyarakat kini tak dapat lagi dipisahkan dengan TI, begitu erat dan begitu berhubungan.

DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:

Posting Komentar